Headlines News :
Home » » TV BATIK PEKALONGAN

TV BATIK PEKALONGAN

Written By KREATIFITAS KOTA PEKALONGAN on Jumat, 07 Juni 2013 | 22.07

TIGA bulan sudah masyarakat Pekalongan dan sekitarnya menikmati Batik TV, sejak tayang perdana pada 1 April 2012, berbarengan dengan peringatan HUT Ke-106 kota Pekalongan. Dengan jangkauan radius 60 kilometer, stasiun televisi milik Pemkot Pekalongan menyajikan  tayangan yang kental dengan budaya lokal pantura Jateng. Inilah yang berbeda dari tayangan stasiun televisi Ibu Kota.


Untuk mengisi program, pengelola bekerja sama dengan Pustekkom Kemendikbud dan Universitas Gunadarma Jakarta. Wali Kota Moh Basyir Ahmad juga berjanji mengisi dengan porsi tayangan pendidikan yang memadai. Kehadiran stasiun televisi berslogan ’’Ajib’’ (ajaib, dialek Pekalongan) mendapat sambutan baik dari pemirsa.

Publik tampaknya mulai sadar dengan godaan tayangan televisi yang tidak memberi pengaruh positif. Pemirsa cenderung dibodohkan oleh tayangan penuh klenik dan khayalan. Realitasnya, ada stasiun televisi membandel, tetap menayangkan acara bernuansa vulgar dan kekerasan, meskipun Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegurnya.

Kita perlu mendidik generasi muda, terutama anak-anak, melalui media apa pun, termasuk tayangan televisi mengingat materi yang mereka tonton bisa mempengaruhi moral dan perilaku. Karena itu, penting kehadiran tayangan yang mendidik, sesuai dengan usia anak-anak. Memang sudah ada materi edukatif tetapi porsinya masih minim dan baru menjadi pelengkap.

Sudah saatnya tayangan yang mengobral kekerasan dan kevulgaran digantikan oleh tayangan bermuatan pendidikan. Kehadiran stasiun televisi dari Pekalongan itu diharapkan dapat ikut membendung arus tayangan ’’sampah’’ yang cenderung membodohkan pemirsa.

Televisi Edukasi

Ke depan Batik TV perlu menggalang kerja sama dengan lembaga yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan. Tak semua tayangan stasiun televisi Ibu Kota berasosisi buruk. Di Jakarta misalnya, ada Student Music Television (SMTV) dan Talent On Screen (TOS) Academy  yang memproduksi beragam acara, lebih dari 2.000 jam tayang, dan ditayangkan melalui 30 televisi lokal, dengan menggandeng lebih dari 100 sekolah se-Indonesia.

Dengan isi tayangan yang mengedepankan sisi pendidikan, lembaga ini berkembang menjadi SMTV networks yang andal dan mampu menjadi pusat pertukaran isi tayangan yang mendidik bagi kalangan anak-anak di Indonesia.


Kita juga bisa menengok sejarah kesuksesan tayangan ’’Sesame Street’’, acara pendidikan dari Amerika Serikat untuk anak-anak prasekolah dan merupakan perintis standar televisi edukasi kontemporer, menggabungkan pendi-dikan dan hiburan (edutainment). Wikipedia menyebutkan ’’Sesame Street’’ terkenal dengan karakter Muppet karya Jim Henson, pemain boneka (puppet), dengan lebih dari 4.134 episode yang diproduksi selama 37 musim.

’’Sesame Street’’ merupakan salah satu serial acara televisi yang paling lama tayang sepanjang sejarah pertelevisian, juga acara pendidikan yang paling diapresiasi di dunia ka-rena mampu memberi pengaruh positif.

Sekitar 75 juta orang Amerika pernah menyaksikan serial ini ketika mereka masih anak-anak dan jutaan lainnya menonton serial ini, termasuk orang tuanya.

Di Indonesia, ’’Sesame Street’’ ditayangkan oleh TVRI dengan tajuk “Jalan Sesama” sejak awal 1974 sampai 1990 dan di RCTI dan SCTV pada awal 1990-an. Ada pula “Jalan Sesama” versi remake yang ditayangkan Trans pada 2008.

Urgensinya, tayangan pendidikan tidak sekadar bermanfaat secara finansial tetapi juga harus bermoral. (10)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Asmaul Husna

Dzikrullah

mari berhijab


 
Support : Creating Website | Harry | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KREATIFITAS KOTA PEKALONGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template